Tips Sederhana Merawat Laptop Anda Agar Tetap Awet

 Tips Sederhana Merawat Laptop Anda Agar Tetap Awet 

Disini saya akan memberikan beberapa tips sederhana dalam merawat laptop agar tetap awet dan tidak mudah rusak yang mungkin anda butuhkan dalam merawat laptop anda agar panjang umur

1. Jangan pakai laptop diatas kasur

Hal ini dikarenan untuk menghindari debu debu kecil yang masuk ke laptop, Jika debu debu tersebut sudah masuk ke laptop ,maka akan menyebabkan suhu laptop menjadi panas dan akan mati secara mendadak.

2. Bersihkan laptop secara rutin

Pembersihan laptop tentunya sangat penting untuk dilakukan karena debu-debu nakal yang tanpa kita sadari bnyak yang menempel dan masuk kedalam laptop kita. Kita harus selalu rutin membersihkan laptop baik itu bagian luar dan anda harus bisa membersihkan bagian dalam laptop agar kebersihan laptop anda terjaga dengan maksimal.

3. Jangan mendownload file atau brosing sembarangan.

Virus sebagian besar ternyata berasal dari situs-situs tidak jelas yang kita akses, situs yang melakukan transfer file maupun aplikasi yang kita download dan instal sembarangan. Untuk itu setiap kali browsing di internet , pastikan anti virus dari laptop anda aktif agar laptop anda terlindung dari virus  tersebut.

4. Jangan langsung tutup LCD setelah dimatikan pada saat menyala

Ketika laptop baru dimatikan, panas yang dihasilkan dari laptop belum hilang sepenuhnya, seharusnya kita menunggu beberapa menit setelah laptop benar-benar sudah mati agar panas itu sudah hilang ,karena itu mempengaruhi terhadap kesehatan laptop anda.

5.Jangan menaruh sembarangan benda diatas laptop

Apabila kita menutup laptop , jangan taruh benda berat apapun diatas laptop karena itu dapat mempengaruhi kesehatan laptop, karena apabila laptop tertekan dengan benda berat yang kita simpan diatas bisa jadi layar atau lcd laptop anda akan mengalami masalah.

6.Jangan pakai laptop dengan kondisi adaptor tercolok dan baterai dicabut.

Terkadang ada yang menggunakan laptop dengan baterai dicabut akan tetapi adaptor nya terpasang, ini sangat riskan untuk kondisi laptop anda karena takutnya apabila listrik mati akan tetapi laptop kita masih tercolok takutnya terjadi konsleting yang membuat laptop anda tidak bisa terselamatkan

7.Tidak menaruh minuman di dekat laptop

Saat bekerja, kita memang membutuhkan makanan dan minuman agar tetap bisa menjaga fokus hingga pekerjaan selesai. Tapi, membawa gelas minuman ke dekat laptop sama halnya dengan mengundang bahaya bagi laptop. Jika tangan kamu tidak sengaja menyenggol gelas dan isinya tumpah ke atas laptop, maka laptop kamu pun akan rusak. Karena itu, usahakan untuk menaruh gelas dengan jarak yang agak jauh dari laptop. Hal tersebut yaitu untuk menghindari kemungkinan terjadinya insiden tumpahnya air ke atas laptop.

8.Jangan menunggu baterai sampai kosong

Ketika menggunakan laptop, jangan sampai keasyikan hingga baterainya benar-benar kosong atau habis. Segera charge baterai laptop sebelum menunjukkan angka 0 %. Sering membiarkan baterai sampai benar-benar habis hanya akan mempercepat umur dari baterai itu sendiri. Akan lebih baik jika selalu melihat kondisi baterai dan mengisi ulang sebelum habis. Kemudian charge baterai sampai penuh dan jangan biarkan tetap dicharge saat kondisi baterai sudah penuh.

9.Matikan laptop secara benar

Mematikan laptop secara benar maksudnya yaitu sesuai dengan aturan yang berlaku. Hal ini juga merupakan cara merawat laptop agar tidak cepat rusak. Jangan pernah mematikan laptop dengan langsung menekan tombol power, tapi klik tombol power terlebih dahulu lalu klik shutdown. Laptop pun akan dimatikan secara perlahan oleh sistem.

Ketika kamu mencoba mematikan laptop tanpa mengikuti aturan tersebut, maka akan mempercepat timbulnya kerusakan pada prosesor. Kalau sampai terjadi, kamu akan mengeluarkan uang cukup banyak untuk memperbaiki laptop.

10.Pasang chrager adaptor dengan benar.

saat menghubungkan charger ke laptop, pastikan yang terhubung duluan / yang tertancap ke listrik itu adaptor terlebih dahulu, baru kemudian ujung  port adaptornya ke laptop.


Post a Comment

0 Comments